SELAMAT DATANG BASUDARA NOLLOTH TITASOMI

Selasa, 10 Januari 2012

Sejarah Negeri Nolloth

Nolloth adalah sebuah Negeri/desa di Maluku yang terletak di jasirah Hatawano sebelah utara dari pulau Saparua.Berbatasan dengan negeri Itawaka di utara dan negeri Iha di selatan, dengan luas daerahnya 15 km dan jumlah penduduk sebesar 2655 orang yang terdiri dari 516 rumah tangga.

Datuk-datuk yang mendirikan negeri (desa ) Nolloth berasal dari Seram Barat di daerah AIHIOLO dan mereka bermukin ditempat yang bernama Lumapalatale. Pada waktu itu negeri Aihiolo sedang bemusuhan dan berperan dengan negeri Nunutetu, sehingga keamanan sangat terancam, akibatnya mereka memutuskan untuk meninggalkan negeri di Seram dan menuju ke pulau Saparua. Menyusuri sungai Tala mereka tiba di pantai dan selanjutnya menyeberang selat Seram dan tiba di pantai HATAWANO.Dari sana mereka naik ke gunung NOLLO.

Nollo artinya lihat dari jauh.

Aman Nollo terdiri dari dua buah Soa atau Uku ( kampong ) dengan marga atau matarumah pokok yaitu:

1. UKU LIMA : terdiri dari matarumah Huliselan, Malessy, Selanno, Matatula dan Pasalbessy.

2. UKU LUA : terdiri dari matarumah Luhulima dan Metekohy.

Selain matarumah-matarumah pokok tersebut diatas, ada beberapa lagi yang tidak masuk dalam Uku Lima dan Uku Lua yaitu Silahooy, Patty, Sipasulta, Tousalwa dan Ihalauw. Selama berada di gunung Nollo, mereka diperintah oleh Raja LATUSOPACUA. Pada tahun 1653 orang-oarang Nolloth berperang dengan Belanda dipimpin Raja Toulapia dan sebagian menyingkir kembali ke gunung Nollo. Setelah Raja Toulapia dapat ditangkap belanda dan dibunuh dengan cara yang kejam. Orang-orang Nolloth dipaksa turun kembali ke pantai dan mereka memuluk Agama Kristen setelah dibabtis secara masal pada tanggal 8 september 1653. Setiap tahun hingga sekarang tanggal tersebut selalu diperingati sebagai kenangan sejarah. Untuk melindungi diri dari serangan penduduk HATAWANO khususnya orang-orang Nolloth, maka pada tahun 1655 belanda mendirikan sebuah benteng kecil ditepi pantai batu karang yang disebut dengan nama: “HET HUIS TE VELSEN” pada tahun 1671, benteng tersebut runtuh karena gempa bumi besar, dan sekarang hanya tinggal bekas-bekas pondasinya. Desa Nollott sekarang terdiri dari 7 SOA asli ditambah satu SOA bebas ( pendatang ). Sesudah Raja Toulapia dibunuh belanda, maka yang menggantinya adalah Raja LATUPULUKU.LATU dari matarumah Pasalbessy.

Negeri Nolloth mempunyai ikatan “PELA” dengan negeri HARUKU dipulau HARUKU.

0 komentar:

Posting Komentar